Ginjal menyaring zat yang tidak diinginkan dari darah dan memproduksi urin untuk mengeluarkan zat tersebut. ada tiga langkah utama proses pembentukan urin yaitu fitrasi glomerulus, reabsorpsi dan sekresi. Proses ini memastikan bahwa hanya zat yang tidak diinginkan dan kelebihan air saja yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

1. Glomerulus menyaring air dan zat lain dari aliran darah

Setiap ginjal mengandung lebih dari 1 juta struktur kecil yang disebut dengan nefron. Setiap nefron pada ginjal memiliki glomerulus, tempat filtrasi darah. Glomerulus adalah jaringan kapiler yang dikelilingi oleh struktur yang berbentuk seperti cangkir, kapsul glomerulus atau kapsul bowman. Saat darah mengalir melalui glomerulus, tekanan darah mendorng air dan zat terlarut dari kapiler ke dalam kapsul melaui membrane filtrasi. Filtrasi glomerulus ini memulai proses pembentukan urin.

2. Membrane filtrasi menyaring sel darah dan protein besar dalam aliran darah

Di dalam glomerulus, tekanan darah mendorong cairan dari kapiler ke dalam kapsul glomerulus melalu lapisan sel khusus. Lapisan ini disebut juga sebagai membrane filtrasi yang memungkinkan air dan zat terlarut kecil lewat tetapi menghalangi sel darah dan protein besar. sehingga sel darah dan protein besar masih berada di aliran darah dan tidak ikut terbuang. Filtrate atau cairan yang telah melewati membrane mengalir dari kapsul glomerulus menuju nefron.

3. Reabsorpsi memindahkan nutrisi dan air kembali ke airan darah

Glomerulus menyaring air dan zat terlarut kecil dari aliran darah. Filtrate yang dihasilkan tidak hanya mengandung limbah tetapi juga mengandung zat lain yang dibutuhkan tubuh seperti ion esensial, asam amino, glukosa dan protein yang lebih kecil. Ketika filtrate keluar dari glomerulus, ia akan mengalir ke saluran nefron yang disebut dengan tubulus ginjal. Saat bergerak, zat yang dibutuhkan dan sebagian air diserap kembali melalui dinding tabung kedalam kapiler yang berdekatan. Reabsorpsi nutrisi penting dari filtrate adalah lang kedua dalam pembuatan urin.

Baca Juga :  5 Bahan Alami yang Ternyata Punya Kandungan Anti Bakteri, Apa Aja?

4. Ion limban dan ion hydrogen yang disekresikan darah melengkapi proses pembentukan urin

Filtrate yang diserap dalam glomerulus mengalir melalui tubulus ginjal, dimana nutrisi dan juga air diserap kembali ke dalam kapiler. Dan disaat yang bersamaan, ion limbah dan ion hydrogen mengalir dari kapiler kedalam tubules ginjal, proses tersebut disebut dengan proses sekresi. Kemudian ion yang sudah disekresikan bergabung dengan filtrate yang tersisa dan menjadi urin, urin akan mengalir dikeluarkan dari tubulus nefron kedaam saluran pengumpul. Urin keluar dari ginjal melaui panggul ginjal, ke ureter dan turun ke kantung kemih.

5. Komposisi urine adalah 95% air

Nefrn ginjal memproses darah dan membuat urin melalui proses yang sudah disebutkan diatas yaitu proses filtrasi, reabsorpsi dan sekresi. Komposisi urin ini adaah sekitar 95% air yang berlebih pada tubuh dan 5% merupakan produk limbah pada tubuh. Limbah nitrogen yang di eksrkersikan atau dikeluarkan dalam urin termasuk kreatinin, ammonia, asam urat dan urea. Ion seperti hydrogen, kalium, natrium dan kalsium juga di ekskresikan dari tubuh melalui urin.

Itulah proses dari pembentukan urin, sangat luar biasa bagaimana tuhan menciptakan kita dengan tubuh yang sangat sempurna. Untuk rasa syukur kita sebaiknya kita selau menjaga tubuh kita agar tetap sehat dengan menjaga pola makan dan pastinya selau berolahraga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih sudah membaca artikel kami. Sampai jumpa dia rtikel selanjutnya!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *